Pertanian Organik

Pertanian organik telah menjadi tren  resolusi tahun 2012 ini, gaya hidup sehat dan peduli lingkungan “ Go Green” telah menjadi pilihan baru masyarakat dunia. Orang makin menyadari bahwa penggunaan bahan-bahan kimia non-alami, seperti pupuk dan pestisida kimia sintetis serta hormone tumbuhan, dalam produksi pertanian ternyata berdampak negatif terhadap kesehatan manusia dan lingkungan hidup. Gaya hidup yang seperti ini mensyaratkan jaminan bahwa produk pertanian harus mempunyai atribut aman dikonsumsi (food safety attributes), memiliki kandungan nutrisi tinggi (nutritional attributes) serta ramah lingkungan (eco-labelling attributes) yaitu dengan budidaya pertanian organik.

Pertanian organik ini lebih diperuntukkan bagi Masyarakat yang lebih mementingkan kesehatan dan memiliki pola makan dengan berbagai pilihan. Ada yang memilih untuk tidak mengkonsumsi makanan cepat saji, ada yang mengkonsumsi produk makanan rendah kalori, dan ada juga yang memilih menjadi vegetarian produk pertanian organik.

Pertanian organik merupakan suatu sistem pertanian berkelanjutan yang diakui oleh Komisi Eropa (European Commission) dan Agricultural Council pada Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tahun 1992. Di Indonesia, pengakuan akan pentingnya pengembangan pertanian organik telah dituangkan dalam Revitalisasi Pembangunan Pertanian yang dicanangkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada bulan Agustus 2005.

Pada saat ini pandangan pengembangan pertanian organik sebagai salah satu teknologi alternatif untuk menanggulangi persoalan lingkugan sangat diperlukan. Persoalan besar yang terjadi disebabkan karena pencemaran tanah, air dan udara, sehingga menyebabkan terjadinya degradasi dan kehilangan sumberdaya alam serta penurunan produktivitas tanah. Pertanian berbasis kimia yang mempunyai ketergantungan cukup besar pada pupuk dan pestisida telah mempengaruhi kualitas dan keamanan bahan yang dihasilkan, kesehatan dan kehidupan lainnya. Dengan memperhitungkan generasi mendatang, maka pertanian organik menghasilkan interaksi yang bersifat dinamis antara tanah, tanaman, hewan, manusia, ekosistem dan lingkungan. Dengan demikian pertanian organik merupakan suatu gerakan “kembali ke alam”.

Pertanian organik merupakan salah satu pilihan yang dapat dilakukan oleh petani-petani kecil Indonesia untuk memperoleh cukup pangan di tingkat rumah tangga sambil sekaligus memperbaiki kualitas tanah, memperbaiki keanekaragaman hayati dan memberikan pangan berkualitas kepada masyarakat kecil di sektarnya. Manfaat pertanian organik telah diperlihatkan dengan sistem pertanian organik yang terintegrasi, ekonomis, ramah lingkungan dan meningkatkan kesehatan masyarakat. Namun skenario ini tampaknya sulit untuk direalisasikan kepada masyarakat yang pengetahuannya tentang lingkungan, ekonomi, sosial tidak cukup.  Sehingga masih dibutuhkan sosialisasi terus menerus ataupun keberpihakan pemerintah dalam kebijakan ataupun gerakan seperti yang terjadi saat Revolusi hijau I dulu.  Bimas, Insus dan gerakan lain sehingga bisa mendukung berkembangnya Pertanian organik di negara ini.

Produk pertanian organik sangat beragam, mulai dari pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan, produk olahan, kehutanan dan lainnya. Sebenarnya Indonesia sudah lama dikenal sebagai eksportir kopi Gayo organik yang sangat terkenal di dunia. Saat ini terdapat 14 kelompok tani kopi organik yang beranggotakan sekitar 1.900 petani, dan bergabung dalam Persatuan Petani Kopi Gayo Organik (PPKGO).  Kopi organik yang dihasilkan diekspor ke Belanda, Amerika, dan Jepang.

sawi organik

Produk pertanian organik kini telah merebak di berbagai kota besar, seperti beras dan sayuran untuk memenuhi pangsa pasar domestik, dengan sasaran konsumen kelas menengah ke atas.

Rasakan manfaat yang begitu besar dengan mengkonsumsi produk pertanian organik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s